Tips Agar Kita Bisa Khusyuk Dalam Melaksanakan Shalat

Posted: February 1, 2015 in ISLAM, LIFE STYLE, PELAJARAN HARI INI
Tags: , , ,

Udah lama nggak nulis

Tapi tiba-tiba terinspirasi oleh kalimat “Sampaikanlah Ilmu Mu Walau Hanya Satu Ayat”

Oh Iya, berhubungan dengan judul di atas, jadi inger pernah denger cerita, Rasulallah S.A.W pernah menantang salah seorang sahabat yaitu Ali R.A untuk shalat 2 rakaat karena Allah S.W.T , dan Menjanjikan memberinya hadiah jika berhasil melakukannya, cerita lebih lanjut bisa di baca dari sumbernya disini. Singakat cerita pada rakaat pertama Ali berhasil melaksanakannya dengan khusyuk, tapi begitu bangkit untuk rakaat ke-2, terbesit sebuah pikiran tentang hadiah yang di janjikan oleh Rasulallah S.A.W tentu saja itu dikatakan dengan jujur oleh Ali setelah menyelesaikan shalatnya.

Dari cerita di atas, bahkan manusia sekelas sahabat nabi, kekhusyukannya masih bisa terganggu dengan sedikit janji duniawi yang sengaja diberikan oleh Rasulallah S.A.W apalagi kita yang tiap hari selalu disibukkan dengan hal duniawi ?๐Ÿ˜€

Langsung aje kali y๐Ÿ˜€

Tips ini ane dapet dari beberapa narasumber dgn cara-cara dan alasan yang berbeda pula.

  • Cara yang pertama, dan belum pernah saya amalkan juga๐Ÿ˜€ . Caranya kita harus mengerti dan “mengahayati” arti dari setiap bacaan yang kita ucapkan dari mulai takbir sampai salam. Caranya setiap kita Membaca bacaan shalat dengan mulut, lalu artikan dalam bahasa Indonesianya dalam hati, lalu hayati dalam fikiran. Kalo kalian bisa sampai level menghayati, ane yakin, baru sampai baca doa iftitah pasti udah nangis.๐Ÿ™‚ Tips ini saya dapat dari seorang ustadz yg ceramah di Masjid.
  • Cara yang kedua, masih dari ustadz yang sama, kalo tidak bisa mengamalkan cara yang pertama, yaitu semua bacaan dari takbir sampai salam. “Minimal” kita harus mengerti dan “mengahayati” arti bacaan Utama dalam shalat : 1. Bacaan dari setiap kita takbir, 2. Bacaan dari setiap kita Rukuk, 3. Bacaan dari setiap kita Sujud, dan 4. Bacaan dari Surat AL-FATIHAH. Penulis sendiri masih mencoba belajar mengamalkan cara yang kedua ini. Tapi Jika kita sudah merasa bisa melewati Tahapan ini, tidak ada salahnya kita mencoba mengamalkan cara yang pertama
  • Cara yang ketiga ini, adalah Proses menuju cara yang pertama dan kedua. Cara ini bukan dari ustadz atau guru, tapi ini murni dari Penulis, berdasarkan pengalaman penulis dalam mengamalkan cara yang kedua, entah kenapa saya belum bisa mengahayati dari setiap bacaan yang saya artikan di dalam hati. Tapi dalam setiap proses menghayati arti tersebut, fikiran kita jadi terfokus untuk mencoba menghayati arti dari setiap bacaan yang kita artikan di dalam hati tadi, hasilnya kita tidak sempat memikirkan hal-hal duniawi, walaupun nanti yang anda rasakan hanya fikiran blank/putih gitu aja๐Ÿ˜€ . Jadi, Untuk cara yang ketiga ini, minimal kita sudah tau arti dari ke-4 bacaan Utama, dan di tambahkan dengan bacaan ke-5 yaitu Bacaan dari surat2 pendek yang kita baca pada rakaat pertama dan kedua. Penulis sendiri baru hapal arti dari surat AN-NAS dan AL-FALAQ๐Ÿ˜€
  • Tips yang keempat. Ini datangnya dari seorang ustadz waktu mengisi acara pesantren kilat sewaktu ane masih sekolah, tipsnya simple dan mudah untuk di jalanin tapi kadang suka lupa๐Ÿ˜€ . Tipsnya Kita hanya perlu terus mengingatkan dalam hati kita, kalo kita lagi shalat, terus dari mulai takbir sampai selesai salam. kalo ada yang masih bingung saya kasih contoh kalimatnya “gue lagi solat” –ย  maaf tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar karena ini pengalaman ane waktu ngamalin tips ini – jadi sewaktu ane shalat, ane terus bergumam dalam hati “gue lagi solat” sehingga itu memberikan efek agar fokus kita dalam melaksanakan shalat, dan ternyata tanpa ane sadari ini juga proses menuju cara yang pertama kedua dan ketiga. Tapi jangan di sangka mudah, Jujur penulis sendiri ngerasa belum pernah bisa mengamalkan dari rakaat pertama sampat terakhir, biasanya cm ingetnya di rakaat pertama doang.๐Ÿ˜€
  • Tips kelima dan terakhir, terakhir blm tentu berakhir, kalao penulis dapet ilmu lagi nti klo inget penulis tambahin lagi tipsnya๐Ÿ˜€. Tips yang kelima datangnya dari ade gue yang pertama. Sewaktu gue iseng nanya, gmn caranya shalat kita agar khusyuk, terus dia jawab “gampang, waktu solat, inget mati”. Wuih…. serem kan ? ane seh nggak nanya detailnya kayak gmn, tapi – ini menurut penafsiran ane ye – mungkin caranya : 1. yang pasti waktu kita shalat kalo bisa dalam keadaan gelap, 2. selama kita shalat dari takbir sampai salam usahakan selalu bergumam “umur gue nggak lama lagi” . Baru nulis aja ane udh merinding neh, gmn kalo beneran di amalin y ? hehehehe….

Sebelumnye biasa neh ane minta maaf kalo ada kata, atau kalimat yang salah, mohon di benarkan di komennya, biar nanti insyallah ane benerin.

Jujur ane sebenernya udah lama mau nulis ini, tapi ane pikir-pikir ane aje blm bener ngamalinnye, jadi malu mau nge-share-nya๐Ÿ˜€ kalo nggak terinspari dari kalimat pertama paragraf kedua mungkin ane nggak berani share๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s