Lampu Indikator Modem ADSL (Speedy) Mati Semua

Posted: July 5, 2013 in HARDWARE, INTERNET, LAGI PENGEN NULIS, Tulisanku
Tags: , , , ,

Berdasarkan teori dan pengalaman saya, jika terjadi hal seperti ini ada 4 kemungkinan :
1.    Lampu indikator rusak, kejadian ini memang jarang sekali terjadi, lampu modem tidak menyala, tapi modem masih berfungsi dengan normal.
2.    Adaptor modem rusak, ini cukup sering terjadi, biasanya kabel adaptor digigit tikus, atau karena kebanting, atau karena terjadi korsleting listrik.
3.    Tombol on/off modem rusak, ini terjadi karena tombol on/off sudah dol.
4.    Modem rusak, ini biasa terjadi di daerah yang rawan petir / gledek, karena, biasanya, modem rusak karena tersambar petir, tapi nggak sedikit juga yang terjadi karena human error, seperti : kebanting / sengaja dibangting pas lagi kesel ; kesiram air/tinta ; keinjek atau sengaja diinjek-injek.
Cara memperbaikinya adalah :
1.    Untuk kasus yang pertama, kebanyakan tidak perlu di perbaiki karena modem masih bisa berjalan normal, kalaupun mau diperbaiki bukan tugasnya teknisi speedy, tapi bisa diserahkan kepada ahlinya🙂
2.    Untuk kasus nomor 2, kalau hanya digigit tikus, bisa disambung kembali dengan rapih, dan ingat, jgan sampai ketuker / kebalik saat menyambungnya, karena, ada 2 buah kabel di sana, dan itu ada yang plus dan ada yang minus, yang plus yang ada garis putihnya, dan yang minus yang hitam polos, jika terjadi salah penyambungan biasanya berimbas kepada modem, modem bisa jadi rusak, tapi jika anda beruntung modem anda masih tetap bisa digunakan. Tapi jika memang komponen dalam adaptor yang rusak, anda bisa menggunakan adaptor lain yang sejenis yang memilik voltage dan ampere yang sama. Atau anda bisa membawanya ke tukang service elektronik untuk memperbaikinya.
3.    Untuk kasus nomor 3, biasanya teknisi ngakalinnya dengan diganjel pake kertas atau pake lidi, atau tombol di lakban atau diikat agar tombol power tetap ON terus, atau bisa juga minta diperbaiki saklarnya di tukang service elektronik.
4.    Untuk kasus nomor 4, untuk kasus yang satu ini, mau nggak mau, suka nggak suka harus ganti modem, jika masih garansi bisa dibawa kembali ke tokonya, atau klo modemnya dapet dari TELKOM biasanya ada garansi 1 bulan, bisa minta pergantian modem ke Plasa Telkom terdekat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s