Penyakit Hepatitis A

Posted: March 23, 2012 in HEALTH, Tulisanku

Kemarin tgl 22-3-2012 tepat di hari ultah nyokap gue, ade gue ngasih kado buat nyokap gue setelah di vonis oleh dokter unutk di opname karena diduga terkena penyakit hepatitis.

Yups, ternyata dugaan dokter bnr, ksetalah dilakukan pengecekan darah untuk fungsi hati’a, keesokan harinya adik gue posotif terkena hepatitis A , tapi dokter msh akan memastikan lagi, dengan lakukan pengecekan setiap harinya (monitoring).

Setelah tau ade gue terkena penyakit hepatitis A, gua langsung inisiatif googling pengetau apa seh penyakit hepatitis A itu? apakah penyebabnya?menular atau tidak? klo menular lewat apa? trus lbh bahaya mana hepatitis A, B, C , dan hepatitis lainnya? – bahkan kata dokter di rmh sakit tempat ade gue d rawat sekarang hepatitis sdh mencapai G, dan mungkin msh akan ada lagi hepatitis2 lain generasi berikutnya – dan apa pula tanda2nya ? apa pula obatnya? dan bagaimana cara pencegahaannya? karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Penyakit Hepatitis sendiri  adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa jenis virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan serta merusak sel-sel organ hati manusia. Penyakit Hepatitis A adalah golongan penyakit Hepatitis yang ringan dan jarang sekali menyebabkan kematian, disebabkan oleh Virus hepatitis A (VHA=Virus Hepatitis A). Penyebab terkenanya Virus tersebut biasanya melalui makanan (fecal – oral), bukan melalui aktivitas seksual atau melalui darah, atau bisa juga penyakit ini menular dikarenakan lingkungan yang kurang sehat, seperti banyak tumpukan sampah atau kotoran di lingkungan kita. Dapat menular lewat makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh kotoran orang yang telah terinfeksi.Tapi tenang tidak perlu panik, menurut wikipedia “Hepatitis A paling ringan dibanding hepatitis jenis lain (B dan C). Sementara hepatitis B dan C disebarkan melalui media darah dan aktivitas seksual dan lebih berbahaya dibanding Hepatitis A.”
Tapi menurut dokter di tempat ade ane di rawat semua jenis hepatitis punya resikonya masing2 jadi nggak bs dibilang mana yang lebih bahaya mana yang tidak.  Gejala Pada minggu pertama, individu yang dijangkiti akan mengalami sakit seperti kuning, keletihan, demam, hilang selera makan, muntah-muntah, pusing dan kencing yang berwarna hitam pekat. Gejala yang hampir sama juga terjadi sama ade gua muntah2, lemes, dan kagak nafsu makan, awalnya di bawa k dokter umum biasa dekat rumah, trus dikasih obat, dan Yups, keesokan harinya demam mulai turun, dan di hari berikutnya sudah mulai mau makan, yups seolah2 sudah sembuh, tapi di hari2 berikutnya mulai demam dan mual2 lagi dan mata dan telapak tangannya mulai menguning, karena khawatir tepat di hari yang sama seperti hari berobat pertama kalinya atau dengan kata lain tepat seminggu setelah berobat ade saya dibawa lagi ke dokter umum yang sama, dan dokter pun memutuskan untuk dibawa ke LAB, berhubung sdh malam akhirnya keesokan harinya baru di bawa ke LAB untuk di cek, dan akhirnya hrs d opname. Untuk Penderita yang menunjukkan gejala hepatitis A seperti minggu pertama munculnya yang disebut penyakit kuning, letih dan sebagainya diatas, diharapkan untuk tidak banyak beraktivitas serta segera mengunjungi fasilitas pelayan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan dari gejala yang timbul seperti paracetamol sebagai penurun demam dan pusing, vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan serta obat-obatan yang mengurangi rasa mual dan muntah (infopenyakit.com). Jika tidak mengalami perubahan lebih baik dibawa kerumah sakit terdekat.

Sedangkah langkah-langkah yang dapat diambil sebagai usaha pencegahan adalah dengan mencuci tangan dengan teliti, dan suntikan imunisasi dianjurkan bagi seseorang yang berada disekitar penderita.

Smoga Info ini bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s