Hepatitis A Cepat Menyebar Lewat Sambal yang Dicocol Rame-rame

Posted: March 23, 2012 in HEALTH, LIFE STYLE

Senin, 14/11/2011 12:30 WIB


Jakarta, Beberapa daerah seperti Depok, Jawa Barat tengah mewaspadai penyebaran virus hepatitis A dan bahkan telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB). Menteri kesehatan mengatakan virus ini cepat sekali menyebar melalui makanan yang tidak bersih karena dipakai bersama-sama misalnya sambal yang dicocol rame-rame.

Menteri Kesehatan (Menkes) mengatakan hepatitis A sering mewabah di lingkungan kantor atau sekolah. Salah satu penyebabnya, di lingkungan-lingkungan seperti itu orang cenderung makan bersama-sama di satu tempat dengan lingkungan yang kurang terjamin kebersihan dan sanitasinya.

“Misalnya ada 1 orang yang kena lalu masuk kantor atau sekolah, kemudian makannya bersama-sama, misalnya sambalnya dicocol rame-rame, itu bisa cepat menyebar,” ungkap Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih usai upacara Hari Kesehatan Nasional ke-47 di kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, Senin (14/11/2011).

Dalam kasus-kasus yang terjadi di beberapa daerah belakangan ini, Menkes mengaku belum bisa memastikan dari mana sumbernya. Penyebabnya sudah dipastikan virus yang menyebar karena kebersihan dan sanitasi lingkungan yang buruk, namun dari mana asalnya kasus pertama yang kemudian menyebar hingga kini belum terungkap.

Mengenai pencegahannya, satu-satunya cara menurut Menkes adalah menjaga kebersihan individu dan sanitasi lingkungan khususnya yang berhubungan dengan makanan. Alat makan harus dicuci dengan bersih, makanan dimasak dampai matang dan jangan lupa cuci tangan sebelum makan.

Status KLB di beberapa daerah termasuk Depok, menurut Menkes hingga saat ini belum dicabut. Untuk mencabutnya, pemerintah setempat biasannya harus menunggu selama 2 kali masa inkubasi virus untuk memastikan tidak ada kasus penularan baru pada masa tersebut.

Hepatitis A merupakan radang hati yang dipicu oleh Hepatitis Virus tipe A (HVA), biasanya tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat kesembuhan dan mencegah penularan, penderitanya diwajibkan untuk istirahat total sehingga produktivitasnya akan sangat menurun selama sakit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s