Rio Selangkah Lagi Menuju F1

Posted: March 16, 2012 in SPORT

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Resmi bergabung dengan tim GP2 Marussia Carlin, Rio Haryanto (19 tahun) semakin dekat dengan balapan bergengsi Formula 1.  Perjalanan Rio tidak jauh lagi. Pasalnya tim baru Rio ini juga baru mengadakan kerja sama dengan tim Formula 1, Marussia.

Rio sudah dua tahun menjajal balapan GP3 dan memiliki prestasi yang luar biasa. Bersama tim Marussia Manor Racing, Rio berhasil tiga kali menang dengan total tujuh kali podium pada musim 2010 dan 2011. Atas prestasi ini Rio dipercaya untuk menjadi salah satu pembalap tim GP2, Marussia Carlin.

Direktur tim Marussia Carlin, Trevor Carlin, mengatakan Rio merupakan pembalap yang memiliki potensi luar biasa. “Ia masih muda dan unggul di GP3. Saya yakin ia akan menyuguhkan pertandingan yang menarik musim ini,” ujar Carlin, seperti yang tertulis pada situs resmi Rio, akhir bulan lalu.

Rio berpendapat Carlin merupakan tim yang telah menghasilkan banyak pembalap juara selama bertahun-tahun. “Saya berusaha belajar sebanyak mungkin untuk mengejar hasil yang konsisten.” ungkapnya. Dua tahun terakhir Rio menjadi bagian dari program Pebalap Muda tim F1 Marussia.

Penampilan perdana Rio di GP2 adalah seri penutup GP2 di Sirkuit Internasional Yas Marina, Abu Dhabi, November lalu. Rio diturunkan oleh tim GP2 DAMS Racing dan mengakhiri balapan tersebut pada posisi ke-12. Penampilan Rio ini dipuji oleh General Manajer tim DAMS, Loic David. “Untuk orang yang pertama kali menjajal GP2, Rio bermain sangat baik,” puji David.

Setelah bergabung dengan Carlin, Rio menjalani ujicoba pramusim sebelum memulai balap pertamanya, pertengahan Maret. Pada hari pertama ujicoba di Jerez awal Maret lalu Rio menempati posisi ke-19 pada hari pertema sesi pagi ujicoba Jerez, dan menurun menjadi peringkat ke-22 di sesi sore hari kedua ujicoba. Pada hari ketiga perolehan rangking Rio memburuk menjadi ke-25.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s