Foto Jasad Osama Ternyata Palsu

Posted: May 14, 2011 in GOSIP
Foto ini ternyata adalah rekayasa Photoshop yang dapat dibuat dengan mudah.
Selasa, 3 Mei 2011, 11:26 WIB

Denny Armandhanu

Foto Jenazah Osama Palsu (flashnewstoday.com)

VIVAnews – Foto yang disinyalir merupakan jasad Osama bin Laden yang tewas di tangan pasukan khusus AS diduga adalah foto palsu. Foto ini disebut dibuat dengan teknologi rekayasa gambar dengan software Photoshop.

Dilansir dari laman The Telegraph, Selasa, 2 Mei 2011, foto jasad Osama dipastikan diambil dari salah satu foto dia sebelumnya. Hal ini berhasil diketahui berkat kecermatan wartawan Telegraph, Conrad Quilty-Harper, dan seorang pengguna di laman berbagi foto Redditpics.

Luka-luka yang terdapat dari foto tersebut, diduga diambil dari foto seorang korban ledakan, yang tidak disebutkan identitasnya. Kedua foto ini, Osama dan korban bom, digabungkan sedemikian rupa dengan Photoshop menjadi satu gambar utuh yang menampilkan jasad Osama yang babak belur.

Hal ini bagi seorang yang lihai menggunakan photoshop sangat mudah dilakukan. Harper bahkan mengatakan dapat membuatnya sendiri dalam waktu kurang dari setengah jam.

Foto Rekayasa Jenazah Osama

Foto ini pertama kali beredar di stasiun televisi Express TV di Pakistan, kemudian disalin oleh laman berita Associated Press. Tidak jelas siapa yang mengambil foto tersebut, namun dikatakan bahwa foto itu adalah foto jasad Osama bin Laden yang tewas di tangan pasukan khusus AS.

Pemerintah AS sendiri belum mengeluarkan foto resmi jasad Osama. Kesempatan untuk mengambil fotonya sepertinya sudah tidak ada, mengingat Osama telah dilarung di laut oleh tentara AS.

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s