5 Pemecah Rekor Dunia Guinness dari Thailand

Posted: May 2, 2011 in Uncategorized

Ratu kalajengking, pernikahan kucing, dan banyak lagi di daftar ini yang menandai keunggulan Thailand sebagai pemecah rekor dunia versi Guinness.

Ratu Kalajengking Thailand, Kanchana Ketkeaw, mengisi waktunya dengan membaca majalan saat ia berusaha memecahkan rekor ‘hidup terlama dengan kalajengking’ pada 2002 lalu. Tetapi dia bukan satu-satunya, inilah sebagian dari rekor-rekor tergila dan terhebat yang dibuat dan dipecahkan di Thailand dalam 20 tahun terakhir.

1. Pernikahan termahal hewan peliharaan

Sejak 1996 sampai sekarang, rekor ini belum terpecahkan. Kucing Phet dan Ploy menikah mengenakan baju senada warna pink. Kucing-kucing ini bukan jenis sembarangan, keduanya memiliki ‘mata berlian’, yang sebenarnya adalah semacam penyakit glaukoma. Orang Thailand justru mempercayai bahwa ‘mata berlian’ itu membawa keberuntungan.

Pernikahan kedua kucing ini menghabiskan lebih dari 400 ribu baht (Rp 135,9 juta) dan dihadiri oleh 500 tamu. Para tamu memberi hadiah uang yang totalnya berjumlah 15 juta baht (Rp 4,3 miliar) dengan mas kawin seharga 550 ribu baht (Rp 159 juta). Kucing betina dibawa menggunakan Rolls Royce, kucing jantan diangkut menggunakan helikopter, sementara seekor kakatua menjadi pendamping pengantin pria dan iguana menjadi pendamping pengantin wanita.

2. Paling lama hidup dengan kalajengking

Kanchana Ketkeaw adalah ratu kalajengking Thailand. Ia memecahkan rekornya sendiri pada Januari tahun lalu saat tinggal di kotak kaca seukuran kamar tidur selama 33 hari dengan 5000 ekor kalajengking.

Pada 2002, ia tinggal di kamar yang sama selama 32 hari dengan 3400 ekor kalajengking. Perempuan ini sudah menjadi legenda lokal atas keberaniannya. Ia pun sering mempertontonkan ‘keahliannya’ itu untuk para turis. Menurut Kanchana, dia sudah pernah disengat ratusan kali tapi racun kalajengking kini tak lagi mempan di tubuhnya karena sudah membentuk kekebalan.

3. Restoran terluas di dunia

Mang Gorn Luang (Royal Dragon) di Bangkok terletak di lahan seluas 1,6 hektare, memiliki 5000 tempat duduk dan mempekerjakan 541 pelayan yang mengenakan sepatu roda. Pada 2008, restoran ini kalah dari sebuah restoran Syria yang memiliki 6000 tempat duduk. Meski begitu, restoran ini masih menampilkan menu dalam skala luar biasa, dengan 1000 jenis masakan, termasuk Thailand, Barat, Cina, dan Jepang.

4. Kolam arus terbesar di dunia

Pada 2009, Guinness World Records mengakui kolam arus seluas 13.600 meter persegi di Siam Park City sebagai yang terbesar di dunia. Kolam ini sebenarnya sudah ada sejak 30 tahun lalu tapi belum pernah diikutsertakan dalam pemecahan rekor sampai 2009.

Kolam arus Talay Krung Thip (Laut Bangkok) ini juga memiliki air terjun dan penataan lansekap yang menarik. Petugas menambahkan bahwa ombak di kolam ini bisa sampai ketinggian 1,5 meter.

5. Gadis tertinggi di dunia

Sampai 2010, gadis Thailand berusia 17 tahun Malee Duangdee, dengan 207 cm, adalah gadis tertinggi di dunia. Rekor ini kini dipegang oleh remaja Amerika berusia 16, Marvadene Anderson, dengan tinggi badan 210 cm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s