“Puber Kedua”, Pertanda Hubungan Bermasalah?

Posted: April 14, 2011 in 17+
Penulis: Wardah Fazriyati | Editor: Dini
Jumat, 8 April 2011 | 12:00 WIB

KOMPAS.com – Pubertas hanya dialami anak menuju remaja. Jika ada istilah puber kedua, ini hanya anggapan awam, biasanya ditujukan pada orang dewasa yang bertingkah seperti remaja. Kalau ada pria atau wanita yang dikatakan mengalami “puber kedua”, jangan terjebak dalam istilah yang tak didukung secara medis ini. Tak ada alasan yang menguatkan konsep “puber kedua” ini, apalagi jika dijadikan pembenaran untuk berselingkuh atau mencari perhatian di luar rumah.

Yang sebenarnya terjadi adalah, Anda atau pasangan mengalami krisis identitas. Jika pasangan masih mengatasnamakan puber kedua, bisa jadi sebenarnya ia sedang mencari pengakuan atau bahkan terjadi masalah dalam hubungan Anda.

Psikolog klinis keluarga, dra Louise Maspaitella, MPsi, mengatakan, dunia medis tak mengenal puber kedua, namun lebih kepada krisis identitas. Saat orang dewasa bertingkah seperti remaja, mereka mengalami krisis identitas yang disebabkan banyak faktor.

“Orang dewasa yang mengatakan atau merasa dirinya mengalami puber kedua, sebenarnya membutuhkan pengakuan dari luar. Komunikasi pasangan yang tidak bagus juga menjadi penyebab lainnya. Kondisi ini membuatnya merasa tak nyaman di rumah atau dengan pasangannya,” tutur Louise, di sela peluncuran buku Panik Saat Puber? Say No!!! di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Meski berbeda dengan pubertas remaja, krisis identitas (puber kedua) pada orang dewasa juga dipengaruhi pengasuhan saat masa anak menjelang remaja. Louise menjelaskan, problem pubertas yang dialami saat remaja bisa memengaruhi tumbuh kembang, dan berdampak hingga dewasa. Inilah pentingnya orangtua melakukan pengasuhan yang tepat pada anak dan remaja, agar nantinya, individu tumbuh menjadi pribadi matang dan memiliki konsep diri yang positif. Dengan begitu individu tersebut tidak mengalami “puber kedua”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s