Dari Iri Hati, Lahir Komunitas Blogger

Posted: November 28, 2010 in INTERNET
Tags:
Y! Newsroom – Sabtu, 27 November

Komunitas blogger Anging Mammiri berusia tepat empat tahun pada Kamis (25/11) kemarin. Irayani Queencyputri, pendiri perkumpulan blogger Makassar itu, mengirim email ke Yahoo! Indonesia. Ia bercerita tentang sejarah komunitas itu, aktivitas, dan berbagai hal seputar Anging Mammiri, yang kini diketuai Syaifullah Daeng Gassing. Makassar ternyata punya “kehidupan maya” yang meriah. Simak saja:

Anging Mammiri artinya angin sepoi-sepoi. Orang-orang di Makassar senang menghabiskan sore hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang indah, sambil menikmati angin di tepi Pantai Losari.

Nama itu lalu dipakai oleh komunitas yang menjadi wadah bagi blogger Sulawesi Selatan umumnya dan Makassar khususnya, agar bisa bisa lebih mudah bertukar informasi dan memperluas jaringan pertemanan.

Awalnya, komunitas Blogger Makassar terbentuk karena rasa ‘iri hati’ melihat komunitas-komunitas blogger di kota lain yang sudah berkembang lebih dulu. Komunitas ini berawal dari beberapa blogger Makassar yang terdaftar pada komunitas blogger Blogfam (Blogger Family). Ini salah satu pionir komunitas blogger di Indonesia, yang didirikan oleh Labibah Zain, yang lebih dikenal dengan nama Maknyak.

Suatu hari di bulan November 2004, Maknyak datang mengadakan riset penelitian sekaligus bertemu dengan para blogger yang ada di Makassar. Kopi darat yang dihadiri beberapa anggota Blogfam di Makassar itu lalu berlanjut ke kopi-kopi darat selanjutnya, lalu ide untuk membentuk komunitas blogger Makassar.

Ide itu lumayan makan waktu untuk terealisasikan. Setelah berbulan-bulan, akhirnya bibit komunitas muncul dengan dibukanya milis blogger Makassar di http://groups.yahoo.com/group/blogger_makassar. Lalu menyusul situs angingmammiri.org pada 16 Oktober 2006, yang dilengkapi slogan “Tempat Kumpulna Blogger Makassar”, yang bukan dimaksudkan sebagai pembatas geografis, namun sebagai “merek” untuk mengikat blogger yang memiliki jejak historis di Makassar, meski ia bisa saja tinggal di belahan dunia lainnya.

Komunitas ini kemudian diresmikan sebagai Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org pada tanggal 25 November 2006. Dari 114 blogger di situs angingmammiri.org, dan 100 blogger yang terdaftar di mailing list Blogger Makassar, jumlah itu kini menjadi lebih dari 1000 blogger di situs angingmammiri.org, dan 623 blogger yang terdaftar di mailing list blogger Makassar.

Tiap ulang tahunnya, Anging Mammiri merayakannya dengan syukuran yang melibatkan diskusi dan seminar. Tahun ini, diskusi dan seminar itu tak digelar lagi, tapi diganti acara jalan-jalan untuk mengenal ciri khas budaya dan lingkungan di Sulawesi Selatan. Wisata bahari dan outbond itu juga melibatkan komunitas Koprol di Makassar, Daengkops, juga komunitas Plurker Makassar.

Lebih lanjut soal komunitas ini, bisa diikuti di akun Koprol, Twitter, dan Plurk Anging Mammiri dengan id @paccarita.

Dodi IR

Bila Anda ingin komunitas Anda ditulis di Yahoo! Indonesia, silakan berbagi cerita ke redaksi[at]yahoo-inc[dot]com. Kami akan menyeleksi dan memverifikasi informasi yang dikirimkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s