Lima Tanda Tak Bisa Lupakan Mantan Pacar

Posted: October 31, 2010 in 17+
Rabu, 14 April 2010, 18:21 WIB

Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila

 

VIVAnews – Dia telah memilih Anda sebagai kekasih. Namun, dia masih sering menelepon dan bertukar kabar melalui surat elektronik dengan mantan pacarnya. Atau, dia masih menyimpan dendam sehingga tak berhenti mengorek informasi tentang kisah masa lalunya.

Munculnya gangguan dari masa lalu itu bisa menjadi pertanda bahwa kekasih Anda belum sepenuhnya lupa dan melepaskan hubungan asmara dengan mantan pacarnya.

Tina B. Tessina, PhD, psikoterapis dan penulis buku ‘Money, Sex and Kids: Stop Fighting About the Three Things That Can Ruin Your Marriage’, menunjukkan lima tanda yang mungkin akan menimbulkan masalah dalam hubungan.

1. Tidak ada jeda setelah putus
Menjalin hubungan dengan seseorang yang baru saja putus dari mantan pacarnya, ada kemungkinan dia belum bisa melupakan kisah masa lalunya. “Butuh waktu untuk kembali menaruh harapan mengenai sebuah hubungan baru,” katanya.

Pria cenderung menghindari proses berduka setelah mengalami kegagalan cinta. Padahal, jeda waktu perlu untuk membuatnya pulih dan lebih siap memulai hubungan baru. Ada pula yang memilih langsung menjalin hubungan baru untuk mempercepat pemulihan atau sekadar pelarian melupakan masa lalu.

2. Menjalin hubungan saat belum memutuskan mantan pacar
Tipe pria ini seperti halnya Tiger Woods dan John Edwards, yang menjalin hubungan dengan orang lain saat masih berstatus suami atau memiliki pacar.

Pria bisa saja berbohong bahwa hubungan yang dia lakoni dengan isteri atau pacar sahnya tidak sehat. Namun, kebanyakan hanya menggunakan alasan itu untuk menutupi kecurangannya.

Kalaupun akhirnya ia meninggalkan istri atau pacar sahnya dan memilih menjalani hubungan dengan Anda, bersiap-siaplah memiliki hubungan yang selalu dibayangi masa lalunya.

3. Membicarakan hal ekstrem soal mantannya
Saat membicarakan mantan, caci maki dan sumpah serapah sering terlontar darinya. Atau sebaliknya, dia membicarakan segala kebaikan sang mantan. Waspadalah jika hal demikian terjadi.

Agar tidak terulang dalam hubungan sekarang, minta ketegasannya seperti apa hubungan yang akan dibina bersama. Kalian perlu saling berbagi bagaimana hubungan masa lalu kalian dan apa yang harus diperbaiki pada hubungan yang sekarang dibina.

4. Tidak dapat memutuskan hubungan
Banyak alasan pria tak dapat benar-benar memutuskan hubungan dengan pasangan sebelumnya karena adanya anak atau telah hidup bersama dalam waktu panjang.

Tetapi saat kondisi seperti ini terjadi dan dia tidak berhenti membicarakan sang mantan, ada baiknya mendiskusikan hal tersebut. Katakan bahwa Anda merasa tidak nyaman jika dia masih menyimpan kisah masa lalu dalam hubungan dengan Anda.

5. Terobsesi dengan masa lalunya
Memergokinya sedang memeriksa profil mantan di Facebook atau memandangi foto-foto lama terlalu sering bisa menandakan ada masalah dengan hatinya. “Dia belum bisa melupakan mantannya,” kata Tessina.

Sebagai orang yang dekat dengannya, jadikan diri sebagai bagian rasa duka yang masih ia rasakan. Kalian bisa mendiskusikan hal tersebut pada waktu yang tepat seperti usai makan malam. Biarkan dia tahu Anda terbuka untuk membicarakan masa lalu dan membantunya keluar dari sana. Bahkan, diskusi  mungkin membawa kalian semakin dekat.

Jika kekasih belum sepenuhnya mampu melupakan mantan, lanjutkan hubungan kalian dengan hati-hati dan jangan berharap banyak. Dia mungkin ingin bersama Anda, tetapi membutuhkan waktu. Tetapi jika tetap tidak dapat menghilangkan masa lalunya, mungkin Andalah yang harus mengambil keputusan untuk pergi darinya.

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s