Foke: Sistem Drainase Jakarta Dibangun di 34 Titik

Posted: October 31, 2010 in GOSIP

Liputan 6 – Rabu, 27 Oktober

 

Liputan6.com, Jakarta: Terkait banjir yang mencarut marutkan Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI akan membangun sistem drainase dalam kurun setahun ini. Rencananya sistem drainase tersebut dibangun di sebanyak 34 titik di wilayah DKI guna mengantisipasi banjir.

“Ada terobosan-terobosan yang kita lakukan di bawah Jalan Simatupang dan ring road Daan Mogot, Semuanya ada 34 lokasi di bawah jalan negara,” ujar Fauzi Bowo saat mengunjungi lokasi pembangunan gorong-gorong (drainase) di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (26/10).

Pembangunan drainase juga dilakukan untuk area Monumen nasional (Monas) dan sekitarnya. “Ini akan disedot ke kali belakang Gedung Jaya, Cideng, kemudian dari Kali Cideng akan ada pompa di jalan Tarakan,” kata Bang Foke.

Selain pembangunan sistem drainase, Pemda DKI juga akan menambah pompa air yang berfungsi menyedot air jika volume air melebihi batas normal. “Itulah sistem drainase yang sedang kita kembangkan. Dan semua ini tidak akan berfungsi dengan baik bila tidak didukung pompa air yang kapasitasnya cukup,” ujar Fauzi Bowo.

Semua itu, lanjutnya, dilakukan untuk pola pengendalian banjir di Jakarta, agar luapan air tidak kian parah. “Kalau ini tidak dikerjakan, kejadian kemarin akan terulang kembali,” imbuhnya. Namun tingginya volume sampah di DKI sekarang ini juga menjadi kendala yang sulit ditangani mengingat kesadaran masyarakat masih rendah.

“Kendalanya adalah setiap kali ada genangan air tinggi, umumnya disebabkan oleh sampah. Kalau lihat jenis sampahnya saya tidak ingin menyalahkan siapapun, namun sampah yang ada berasal dari konsumsi masyakat,” ujarnya.

Pihaknya juga terus berupaya membersihkan sampah yang menurutnya masih cukup tinggi. Fauzi mengimbau masyarakat agar sadar lingkungan demi mencegah banjir dengan membuang sampah pada tempatnya. “Semoga mereka mengubah perilakunya,” pungkas Fauzi Bowo.(BJK/AYB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s