Cara Buruk Turunkan Berat Badan

Posted: October 23, 2010 in HEALTH
By SiswantoMinggu, 17 Oktober

VIVAnews – Mengurangi berat badan dan menjaganya tetap stabil merupakan perjuangan tiada akhir. Itu sebabnya, banyak wanita selalu berusaha menjaga diet dalam waktu lama demi menjaga bobot tubuh ideal.

Cara terbaik dan sehat untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan tetap mengonsumsi makanan sehat, dan berolah raga secara rutin. Sayangnya, banyak wanita yang ingin mendapatkan tubuh langsing secara instan. Padahal, tidak semua diet itu aman dijalani. Ada beberapa pola diet yang dianggap cespleng, justru menyimpan risiko bagi yang menjalaninya.

Karena itu, agar bisa mendapatkan tubuh langsing sehat, hindari cara buruk menurunkan berat badan berikut ini, seperti yang dikutip dari Modernmom.

Merokok

Merokok dianggap sebagai aktivitas yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori tubuh mudah terbakar. Merokok memang bisa membuat tahan lapar. Tapi, jika niat Anda merokok untuk menurunkan berat badan, ini adalah ide yang sangat buruk.

Rokok merupakan zat adiktif yang membuat Anda sulit berhenti menghisapnya, bahkan setelah Anda telah berhasil menurunkan berat badan. Risiko kesehatan yang diakibatkan rokok jauh lebih besar daripada manfaat penurunan berat badan.

Menurut Smokefree.gov, peningkatan laju metabolisme Anda dari rokok sebenarnya meningkatkan risiko penyakit jantung.

Diet menghiraukan rasa lapar

Melewatkan jadwal makan akan mengakibatkan tubuh Anda kekurangan kalori yang seharusnya dibutuhkan. Anda tidak hanya kehilangan kalori yang sangat penting bagi tubuh, tapi juga nutrisi dan vitamin. Hal ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Bila tubuh tidak mendapatkan cukup kalori, metabolisme akan melambat untuk menebus kekurangan energi tubuh. Demikian seperti yang dilaporkan MayoClinic.com.

Diet jus buah

Tidak mengkonsumsi apa-apa kecuali hanya minum jus buah mungkin terdengar efektif untuk diet, tapi ada risikonya terhadap kesehatan. Diet semacam ini bertentangan dengan prinsip gizi seimbang. Jika terus dijalankan dalam waktu relatif lama, diet cara ini akan membahayakan kesehatan.

Berat badan memang bisa akan turun, namun karena kekurangan nutrisi dari bahan makanan lainnya, kemungkinan besar Anda menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s