Perusahaan Perlu Libatkan Media Sosial

Posted: October 9, 2010 in INTERNET
By Muhammad Firman, Muhammad ChandratarunaSelasa, 5 Oktober

VIVAnews – Media sosial kini menjadi alat brand marketing baru yang efektif. Menurut Scott Sorokin, Head of Digital Mindshare, brand marketing dengan media sosial tidak terlalu dini untuk dilakukan.

“Era social media memang terbilang baru. Tetapi, tidak terlalu dini untuk memanfaatkannya sebagai media brand marketing. Sekarang ini adalah waktu yang tepat,” ucapnya saat ditemui VIVAnews di sela acara Groupm Leadership Series 2010: Digital Is Now! di Jakarta, Senin 4 Oktober 2010.

Facebook, kata Sorokin, adalah salah satu contoh social media yang sudah dikenal luas oleh masyarakat global. “Ia (Facebook -red.) menjadi bukti eksistensi social media. Di Indonesia, kami melihat penetrasinya yang sangat kuat. Jadi, saya pikir social media bisa dilibatkan secara efektif untuk aktivitas brand marketing perusahaan di sini,” ucap Sorokin.

Dengan Facebook, lanjut Sorokin, perusahaan-perusahaan bisa membicarakan produk apa saja. Mereka bisa mempromosikan produk shampoo, makanan, jasa, atau restoran.

“Pembicaraan itu bisa meluas di jejaring sosial dengan mouth-to-mouth marketing. Merek yang menang adalah merek yang sering dibicarakan khalayak sebagai topik hangat,” tutur Sorokin.

Kelebihan social media lainnya adalah sebagai penyeimbang komunikasi dua arah (top-down communication), antara perusahaan sebagai pemilik produk dan konsumennya.

“Berbeda dengan media massa konvensional seperti TV, radio, atau media cetak, yang hanya berlaku satu arah, di mana untuk menciptakan komunikasi dua arah, konsumen perlu menghubungi customer service atau mengunjungi gerai pelanggan,” ucap Sorokin.(ywn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s