Makna di Balik Panggilan Sayang Pasangan

Posted: October 9, 2010 in 17+
By Pipiet Tri Noorastuti, Mutia NugraheniSelasa, 5 Oktober

VIVAnews – Panggilan sayang atau kode tertentu dalam hubungan seringkali menjadi ledekan. Tetapi peneliti menemukan, bahasa yang hanya dimengerti Anda dan pasangan bisa jadi gambaran kelanjutan dan kondisi hubungan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships menemukan bahwa julukan yang lebih konyol, dibuat-buat dan kode rahasia, bisa menggambarkan kecenderungan rasa puas dalam suatu hubungan.

“Menggunakan julukan dan membuat kode bahasa sendiri dalam hubungan adalah cara mudah untuk memasukkan komunikasi positif dalam kehidupan sehari-hari,” kata Jamie Turndorf, Ph.D., konselor hubungan, seperti dikutip dari WomensHealthmag.com

Sekonyol apapun kode atau panggilan sayang, sebenarnya menandakan hubungan semakin kuat. “Dengan julukan atau kode tertentu sebenarnya Anda ingin mengatakan bahwa Anda memiliki perhatian besar padanya dan hubungan semakin baik, sehingga tercipta bahasa sendiri untuk menunjukkannya,” kata Carol Bruess, PhD, kepala studi keluarga di University of St Thomas, Amerika Serikat.

Julukan tersebut bukan hanya menguatkan hubungan tetapi juga bisa memperbaiki hubungan saat sedang berkonflik. Dari penelitian yang dilakukan oleh profesor psikologidari University of Western Ontario, Lorne Campbell, PhD, julukan konyol bisa membantu menyelesaikan konflik.

Campbell menemukan bahwa ketika julukan atau kode konyol digunakan untuk mengatasi konflik akan memunculkan suasana humor dan membuat tertawa. Hal ini bisa jadi trik jika Anda ingin berbaikan dengan pasangan. Jadi, setelah berkonflik dan diakhiri dengan humor dan kekonyolan hubungan Anda dan pasangan pun akan semakin intim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s