Empat Hal Ini Bikin Anda Tampak Lebih Tua

Posted: October 9, 2010 in HEALTH
By Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji AstutiSenin, 4 Oktober

VIVAnews – Bintik hitam, rambut beruban, dan keriput merupakan tanda-tanda penuaan mulai muncul. Itu memang peristiwa alami seiring pertambahan usia. Namun, ada hal-hal yang membuat penuaan muncul lebih cepat dari usia sesungguhnya.

Seperti dikutip dari laman Shine, berikut hal-hal yang bisa membuat penampilan Anda terlihat lebih cepat tua.

1. Lingkar hitam mata

Lingkaran hitam yang biasanya muncul di sekitar mata membuat Anda terlihat layu dan terkesan lebih tua. Ahli bedah kosmetik dari Chicago, Carolyn Jacob, MD menyatakan bahwa selain akibat gaya hidup yang buruk, beberapa wanita memiliki pigmen tambahan di bawah mata yang memunculkan semburat hitam. Ada juga yang memiliki pembuluh darah menonjol berwarna keunguan yang bisa mengganggu penampilan.

Tapi, sebuah trik riasan bisa membantu. Carmindy, make up artis TLC’s menyatakan, “Hindari concealer berat, cobalah brightener pink ringan. Ini bisa memberi menumbuhkan cahaya di bawah mata, dan membuat Anda terlihat jauh lebih muda,” kata Carmindy.

2. Kulit telinga kendur

Kebanyakan wanita senang menggunakan anting-anting dengan bobot lumayan berat. Tanpa sadar, ini menyebabkan lubang anting menjadi longgar dan kulit telinga terlihat mengendur.

Christopher Harmon, MD, seorang dokter kulit di Birmingham, menyarankan agar tak menggunakan anting dengan beban berat setiap hari. Ingat, jaringan telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang sulit dikencangkan dengan olahraga layaknya bagian tubuh lainnya.

3. Kaki bengkak atau timbul banyak urat

Menggunakan hak tinggi, sandal jepit, dan berjalan dengan alas kaki berhak atau sepatu yang tak nyaman selama bertahun-tahun bisa membuat kaki terutama ibu jari kaki membengkak. Jika dibiarkan hal ini bisa menimbulkan peradangan.

Colleen Schwartz, DPM, ahli penyakit kaki di Pleasanton, CA, sekaligus juru bicara American Medical Association Podiatric mengatakan, kondisi itu umumnya terjadi akibat ketidakseimbangan otot. Untuk mengatasi keluhan, cobalah latihan penguatan kaki seperti pilates atau yoga. Yang terpenting adalah memikirkan kembali jenis alas kaki yang cocok untuk setiap aktivitas.

4. Alis botak

Kebiasaan mencabuti bulu alis justru bisa membuat pertumbuhannya semakin terganggu. Harmon mengatakan, tanpa dicabut, pertumbuhan alis akan semakin menipis seiring bertambahnya usia. Jika saat ini Anda memiliki alis penuh, hindari overplucking. Tetapi jika Anda sudah mulai kehilangan volume, trik riasan adalah solusi terbaik Anda. (pet)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s