Hah…Orang Ateis di AS Punya Pengetahuan Agama Tertinggi?

Posted: October 3, 2010 in KNOWLEDGE

Republika – Minggu, 3 Oktober

REPUBLIKA.CO.ID, DALLAS–Entah benar atau tidak, para penganut ateis memiliki pengetahuan religi yang tinggi dibandingkan golongan lain. Mereka memang tak mempercayai Tuhan, tapi mereka tahu sesuatu tentang Tuhan.

Dalam survei yang dilakukan oleh Forum Agama dan Kehidupan Masyarakat Pew disebutkan, ateis memiliki angka pengetahuan agama tertinggi. Rata-rata orang Amerika menjawab secara benar 16 dari 32 pertanyaan tentang ilmu agama. Mereka memiliki nilai rata-rata 20,9. Selanjutnya penganut Yahudi menempati posisi kedua dengan nilai rata-rata 20,5.

Sementara itu, penganut agama Protestan hanya menjawab 16 pertanyaan dengan benar. Kemudian diikuti oleh penganut agama Katolik yang rata-rata nilainya adalah 14,7.   Sementara survei sebelumnya oleh Pew Research Center menunjukkan bahwa Amerika termasuk negara maju yang paling religius di dunia. Survei ini menunjukkan bahwa sejumlah besar orang Amerika tidak mengenai betul prinsip, praktik, sejarah, dan tokoh terkemuka dalam tradisi keimanan.

Hasil surve lain menunjukkan, empat dari 10 orang Katolik tidak tahu bila gereja mereka mengajarkan, bahwa roti dan anggur yang digunakan dalam komuni benar-benar menjadi tubuh dan darah Kristus. Setengah responden dari Protestan tidak mengidentifikasi Martin Luther sebagai orang yang memicu reformasi Protestan.

Comments
  1. hikmahnya; orang yang tak percaya tuhan aja mau belajar tentang tuhan, masa kita yang percaya tuhan malas-malasan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s