Jamu Indonesia Perlu Dukungan Penelitian

Posted: October 1, 2010 in Not Important
Kompas – Kamis, 30 September

SEOUL, KOMPAS.com – Saat ini jamu asal Malaysia lebih dikenal di dunia internasional ketimbang jamu dari Indonesia. Itu karena jamu Malaysia diteliti dan dikembangkan secara serius oleh orang Malaysia di negeri itu, kemudian dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional.

“Jenis jamu Malaysia yang telah dikenal dunia antara lain jamu ‘Tongkat Ali’. Kalo di Indonesia, sama dengan jamu pasak bumi,” ujar Prof Dr Yaya Rukayadi, peneliti tanaman obat di Korea, dalam percakapan dengan Kompas di Seoul, Rabu (29/9/2010).

Menurut Yaya, Korea saja butuh waktu 20 tahun untuk membuat ginseng terkenal di dunia internasional.

“Banyak yang tidak mengetahui kalau tanaman ginseng didatangkan dari Kanada dan China. Korea kemudian meneliti dan mengembangkan ginseng menjadi produk konsumsi di Korea,” ujar Yaya yang juga seorang peneliti di Yonsen University Seoul.

Korea bisa melakukan itu, lanjut Yaya, karena memiliki lembaga penelitian yang secara khusus melakukan riset mendalam dan intensif terhadap ginseng sehingga tanaman obat ini bisa dijadikan  berbagai macam produk untuk kebutuhan hidup masyarakat.

Penelitian yang dilakukan Korea kemudian dipublikasikan melalui jurnal ilmiah internasional sehingga orang luar Korea bisa mengetahuinya dengan mudah.

Hal yang sama sekarang dilakukan oleh Malaysia terhadap jamu. Yaya menyebutkan, saat ini masyarakat sudah semakin maju dan pintar. Mereka lebih mempercayai hasil riset ilmiah internasional ketimbang riset yang dilakukan secara terbatas.

“Oleh karena itu, kalau Indonesia hendak memperkenalkan jamu ke kancah dunia tidak bisa lagi hanya sekadar promosi murahan dengan menyebutkan bahwa jamu adalah warisan budaya leluhur,” ujar Yaya Rukayadi.

Jamu produksi Indonesia juga tidak cukup hanya mengandalkan pasar dalam negeri. Apalagi sebagian penduduk Indonesia pun belum biasa minum jamu.

Bahkan, lanjut Yaya, pada sebagian penduduk Indonesia pun masih ada anggapan bahwa minum jamu bisa membahayakan kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s