2012, Pengguna Internet Indonesia 100 Juta

Posted: August 7, 2010 in INTERNET
By Muhammad Firman, Muhammad ChandratarunaRabu, 4 Agustus

VIVAnews – Meski pemerintah belum menyebutkan secara resmi jumlah pengguna internet di tanah air, diperkirakan saat ini penggunanya sudah mencapai sekitar 20 persen populasi di Indonesia atau sekitar 30 sampai 31 juta masyarakat.

Angka tersebut, menurut Enda Nasution, seorang blogger senior tanah air, akan terus tumbuh pesat. “Pada tahun 2012 mendatang, pengguna internet di Indonesia bisa menyentuh angka 100 juta user,” kata Enda, di sela Seminar Politik dan Bisnis Media Baru di Jakarta, 4 Agustus 2010.

Enda menyebutkan, capaian jumlah pengguna tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Pasalnya, saat ini semua sektor di kehidupan mulai mengarah ke satu tujuan, satu titik di mana Internet memang benar-benar menjadi sebuah kebutuhan.

“Terlebih lagi jika didukung dengan ekosistem yang sehat,” kata Enda. “Ekosistem di sini termasuk dari pemerintah (regulator), provider termasuk ISP dan operator selular, dan pengguna sendiri,” ucapnya.

Kemungkinan ini, menurut Enda, bukan untuk dihindari. “Dengan meluasnya penggunaan Internet, Indonesia akan dipandang sebagai negara yang maju dan terbuka oleh dunia,” ucapnya.

Sebagai gambaran, menurut data Internet World Stats di tahun 2000 lalu internet di Indonesia baru diakses oleh 2 juta pengguna. Dengan demikian, dalam kurun waktu tahun 2000 sampai 2010, telah terjadi peningkatan pengguna internet sebesar 1400 persen di tanah air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s