Utang Barca Membengkak

Posted: July 28, 2010 in GOSIP
Liputan 6 – Rabu, 28 Juli

Liputan6.com, Barcelona: Terungkap salah satu faktor penyebab mengapa Barcelona tak mau memenuhi besarnya tuntutan yang dipatok Arsenal terkait fee transfer Francesc Fabregas. Pasalnya, besaran utang klub kian membubung tinggi. Berbeda dengan klaim sebelumnya yang dilansir mantan Presiden Klub, Joan Laporta pada akhir Juni lalu dimana kerugian Barca hanya mencapai kitaran 11 juta euro, hasil audit terbaru menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan.

Seperti yang diungkapkan juru bicara Los Blaugrana, Toni Freixa, di sepanjang musim 2009-2010 lalu, Barca mencatat kerugian lebih dari 77 juta euro atau sekitar Rp 900 miliar. Jumlah tersebut merupakan hasil dari akumulasi pendapatan sebesar 408,9 juta euro dibanding jumlah pengeluaran yang mencapai 477,9 juta euro. Secara keseluruhan, besarnya utang bersih klub mencapai 442 juta euro (369,5 juta pound) atau sebesar Rp 5,17 triliun.

Besarnya utang klub membuat Barca harus mendapat suntikan dana segar alias pinjaman sebesar 125 juta pound untuk membayar gaji para pemain dan staf di akhir Juni lalu. Krisis finansial yang terjadi membuat Los Blaugrana terpaksa menjual kembali bek Dmytro Anatoliyovych Chygrynskiy kepada klubnya semula, Shakhtar Donetsk. Penjualan itu membuat Barca merugi 10 juta euro.

Meski dililit krisis finansial yang cukup dalam, Barca masih mampu memboyong striker Valencia David Villa dengan fee hampir mencapai 40 juta euro. Akan tetapi, Barca tidak mampu memenuhi besaran bandrol Fabregas sebesar 50 juta euro seperti yang dipatok Arsenal.

Sementara itu, Wakil Presiden Barca yang mengurus bidang ekonomi, Javier Faus mengkritik keras kebijakan Laporta. Jumlah yang ditetapkan dewan direksi yang lama tidak menunjukkan kondisi yang sebenarnya. Mereka telah menipu. Hal ini merupakan masalah struktural. Prestasi di lapangan tidak direfleksikan dalam bidang finansial. Karena itu dewan direksi yang baru bertekad, selain sukses di lapangan, Barca pun kudu sukses di bidang finansial, tegas Faus.(MEG/BBC)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s