Pengapuran Itu Apa Sih?

Posted: July 27, 2010 in KNOWLEDGE
Kompas – Selasa, 20 Juli

TANYA :  Dokter, saya ingin menanyakan apa sebenarnya yang dimaksud pengapuran? Apakah ibu saya yang berusia 72 tahun dan mengeluh lututnya sakit saat beraktifitas juga termasuk suatu pengapuran? Adakah tindakan yang perlu dilakukan atau obat untuk mengatasinya? karena setiap habis obat yang didapat dari dokter umum beliau kesakitan lagi.

Christ, Jakarta

JAWAB :

Nyeri pada lutut bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena ostoearthritis (OA), yang orang awam sering menyebutnya pengapuran atau perkapuran. Osteoarthritis adalah kelainan permukaan sendi di mana rawan sendi rusak dan menipis. Rusaknya rawan sendi bisa karena cedera, kelebihan berat badan, faktor usia, dan lain-lain.

Pada stadium awal sampai sedang, OA lutut ditangani dengan kombinasi antara usaha menurunkan berat badan, olah raga low impact, fisioterapi dan obat-obatan. Pada stadium sedang, tindakan arthroscopy dapat membantu mengurangi nyeri untuk sementara waktu. Untuk OA lutut stadium lanjut, dimana seluruh lapisan sendi sudah hilang sehingga gerakan akan sakit dan sangat terbatas, maka diasrankan untuk melakukan tindakan pembedahan yang dikenal dengan knee arthrosplasty, joint resurfacing, total knee replacement atau penggantian permukaan sendi.

Mendengar nama operasi selalu menakutkan, tapi sebenarnya ini adalah seperti tindakan pembedahan lain dengan kesuksesan 90 – 95 persen bila dilakukan dengan alat yang benar dan oleh Dokter Spesialis Bedah Orthopaedi & Traumatologi yang benar-benar menguasai teknik operasi ini.

Tindakan total knee replacement maupun total hip replacement pada pasien osteoarthritis ini tidak semua rumah sakit dapat melakukan. Namun di RS Mitra Kemayoran sudah banyak dilakukan tindakan tersebut. Kami mempunyai Jakarta Orthopaedi Center (JOC) yang didukung oleh dokter yang berpengalaman dan kompeten dalam bidangnya serta sarana dan prasarana yang mendukung dan canggih.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, Tim Dokter Bedah Orthopaedi & Traumatologi Jakarta Orthopaedi Center RS Mitra Kemayoran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s