Menabung Pohon Untuk Proteksi Dan Invetasi

Posted: April 29, 2013 in BUDAYA, GO GREEN !, HEALTH, INVESTASI, LIFE STYLE, Tulisanku
Tags: , , , , ,

nabung_pohon

Nabung pohon sama juga dengan nabung uang. Intinya, sama-sama untuk masa depan. Bedanya, kalau nabung uang, belum tentu bisa bermanfaat bagi alam, tapi kalau kita nabung pohon, bisa bermanfaat bagi diri kita pribadi dan alam sekitar.

Menabung pohon juga bisa disamakan dengan menabung di asuransi, sama-sama punya nilai proteksi dan investasi. Proteksi dari polusi udara, proteksi dari air hujan dan panas sinar matahari, proteksi dari longsor, proteksi dari banjir, dan proteksi dari penyakit.

Proteksi dari polusi udara karena fungsi pohon itu sendiri yang mampu melakukan proses fotosintesis, yang mampu mengolah CO2 menjadi O2. Proteksi dari air hujan dan panas sinar matahari, artinya pohon juga bisa berfungsi sebagai tempat berteduh dari air hujan dan panas sinar matahari. Proteksi dari longsor dan banjir, karena fungsi akar pohon yang mampu penyerap air ke dalam tanah, sehingga membuat struktur tanah menjadi lebih kuat, dan juga mengurangi aliran air hujan yang menuju ke sungai yang dapat menyebabkan volume air sungai meningkat. Proteksi dari penyakit sendiri biasanya fungsi dari apa yang dihasilkan oleh pohon tersebut, seperti buat dan daun, yang mampu mengobati berbagai penyakit.

Nilai investasinya adalah hasil dari pohon-pohon yang kita tanam, bisa dari buahnya, daunnya, dan juga batangnya, yang bisa kita jual dan dapat mengasilkan uang atau bisa kita konsumsi sendiri. Bahkan konon ada tanaman yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah sob. WAW !

Saya dan keluarga saya juga merasakan nilai proteksi dan investasi yang dihasilkan dari pohon-pohon yang kita tanam di rumah. Di rumah saya, terdapat satu pohon kelengkeng, empat pohon pisang yang sudah tumbuh besar, dua pohon pisang yang masih kecil dan baru di tanam, tiga pohon pepaya, dua pohon kelapa, satu pohon jambu air, satu pohon belimbing, satu pohon jambu biji dan beberapa tumbuhan-tumbuhan kecil, seperti : pandan, suji, lidah buaya, cabai yang baru-baru ini ditanam, cecendet, rosela, kencur, dan juga delima  yang baru ditanam juga.

Nilai proteksi yang kita dapat diantaranya adalah : udara yang segar, meski rumah saya dekat dengan jalan raya. Suasana yang adem meski panas terik matahari sangat menyengat. Juga dari tanam obat seperti buah cecendet, daun suji, dan lidah buaya, yang banyak khasiatnya dan bisa memproteksi kita dari berbagai penyakit. Selain itu pohon juga berfungsi menjaga volume dan kejernihan air tanah yang kita konsumsi setiap hari, karena jika tidak ada pohon ? siapa yang akan menyerap air kedalam tanah ?

Dan nilai investasi yang kita dapatkan diantaranya : buah pisang, kelapa, pepaya, belimbing, jambu air maupun jambu biji, mangga, cecendet, dan daun-daunan seperti : daun  suji, daun pandan, daun pepaya, daun lidah buaya, daun teh rosela dan tidak lupa daun pisang yang berguna untuk bungkus lontong. Buah pisang biasanya diolah menjadi pisang goreng, bisa dijual atau dikonsumsi sendiri, enak kan ?. Buah kelapa juga biasa dikonsumsi sendiri bisa dibikin es kelapa, atau dibikin santen. Buah pepaya bisa dikonsumsi sendiri atau dijual jika hasilnya berlebih. Buah jambu biji, biasanya dibikin jus, bisa buat dijual juga bisa buat konsumsi sendiri. Buah jambu air, mangga, dan belimbing, biasanya kita bikin rujak dah. Buah cecendet adalah salah satu buah yang paling bermanfaat, karena biasa dikonsumsi oleh abang saya untuk membantu penyembuhan penyakitnya. Untuk daun-daunnnya seperti daun suji yang kaya manfaat jika kita minum air rebusannya. Daun pandan biasa dipakai untuk pewangi makanan. Daun pepaya biasa diolah untuk bikin sayur. Daun lidah buaya bisa diolah menjadi minuman yang sehat dan enak, dan juga bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah karena manfaatnya yang banyak. Daun teh rosela juga bisa dijual dan dikonsumsi sendiri. Nah yang terakhir daun pisang, yang tentu saja biasanya digunakan untuk bikin lontong atau pepesan.

Gimana ? tertarik menabung pohon ? kebetulan rumah saya cukup luas untuk menanam tanaman yang besar-besar, mungkin nggak cocok buat tanaman di kota. Tapi itu bukan alasan, masih banyak tanaman-tanaman kecil yang bisa dan cocok ditanam di rumah kok. Kalo bingung mau mencari dimana tanamannya, bisa buka aja situs tokotrubusonline.com di sana jual berbagai macam jenis tanaman, mulai dari tanaman hias, sampai tanaman obat.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Salam damai dan sejahtera. Terima kasih.

Sumber : http://green.kompasiana.com/penghijauan/2013/04/30/menabung-pohon-untuk-proteksi-dan-invetasi-551458.html

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s